Perkembangan Sejarah Ponsel dari Tahun ke Tahun

Kami rasa semua orang yang ada di Indonesia ini pernah yang namanya menggunakan handphone jadul meskipun tidak semua orang pernah memegangnya, setidaknya pernah melihatnya. Ponsel yang saat ini kita pegang sudah sangat jauh sekali perkembangannya mulai dari pembaharuan dan penyematan fitur yang lebih bermanfaat. Katakan saja smartphone android, sebuah ponsel pintar yang bisa melakukan apapun di zaman ini, mulai dari video call dengan orang jarak jauh, berkirim pesan bergambar, mendengarkan musik, bermain games, melihat video, sebagai GPS, Memfoto dan masih banyak sekali kegunaanya. Namun tahukah anda perkembangan dari ponsel yang saat ini anda pegang itu dimulai dari telepon genggam yang paling sederhana ? Ayo kita kupas informasinya dibawah ini.

Perkembangan Telepon dari Tahun Ke Tahun

  • Telepon di tahun 1970-an

Pertama kalinya penggunaan telepon dilakukan pada tahun 1970 yang pada saat itu dikembangkan oleh produsen Motorola sebagai salah satu Pionir perkembangan smartphone saat ini. Martin Cooper, merupakan orang pertama kali yang menelpon Bal Laps yang pada saat itu adalah rival mereka di bisnis telekomuniasi di Amerika. Waktu itu, Cooper berkata bahwa komunikasi bisa dilakukan dengan menggunakan handphone yang mana saat itu masuk ke Majalah New York karena menelpon rivalnya dengan memakai Motorola DynaTac ( DYNamicl Adaptive Total Area Coverage ). Namun pada saat itu ukuran sebuah handphone begitu besar dan berat, berat dari handphone ini mencapai 1 kg. Meskipun begitu, inilah awal pertama kalinya perkembangan smartphone.

  • Tahun 1980-an

Seiring dengan perkembangannya waktu, motorola mulai memberikan pembaharuan yang lebih simple dan ukuran dari handphone juga tidak terlalu berat. Hingga pada akhirnya di tahun 1983, munculah motorola DynaTAC 8000X  yang merupakan handphone pertama yang dipasarkan secara komersil. Seri handphone ini lebih unggul dibandingkan seri prototive yang diciptakan di tahun 1970, baterai yang disematkan mampu bertahan hingga 8 jam, selain itu memiliki berat sekitar 793 gram saja jadi cukup mudah untuk dibawa kemana saja. Dulu, handphone motorola 8000x merupakan barang langka dengan harga beli yang begitu fantastis. Untuk bisa mendapatkan handphone di ini dizaman dulu, setiap orang harus mengeluarkan sekitar 4000 dollar. Tidak lama setelah itu, riset motorola terus berlanjut dan akhirnya di tahun 1985 mulai menciptakan handphone dengan ukuran yang lebih kecil yaitu  MicroTAC 9800X.

  • Tahun 1990 an

Beberapa dekade sudah berlalu, pada tahun 1992 sebuah handphone sudah bisa dipakai untuk mengirimkan pesan singkat. Pesan singkat pertama kali di dunia adalah ucapan selamat natal melalui jaringan Vodafone Amerika Serikat. Tonggak smartphone mulai tercipta di dunia seluler adalah IBM SIMON yang disebut sebagai salah satu smartphone paling pertama di dunia. Memiliki banyak fungsi mulai dari Telepon, Page, Mesin Fax, dan PDA. Tetapi, kejayaan motorola di dunia telepon mulai disaingi oleh Produsen asal Finlandia yaitu Nokia. Hadirnya Nokia seri 7110 mampu memikat kalangan masyarakat untuk memiliki ponsel ini karena sudah memiliki fitur WAP ( Wireless Application Protocol ). Selanjutnya disusul kembali dengan versi Nokia 3210 yang mana merupakan handphone paling laris sepanjang sejarah umat manusia. kurang lebih terjual sekitar 160 juta unit untuk seri ini.

  • Tahun 2014 an

Meloncat ke beberapa tahun, tepatnya di tahun 2014, banyak sekali produsesn ponsel yang mulai menawarkan handphone buatan mereka mulai dari Nokai, Blackberry, Samsung dan masih banyak lagi yang lainnya.

Itulah sejarah singkat perkembangan handphone dari tahun ke tahun yang bisa kami informasikan kepada anda.

Baca juga :
Contoh Teknologi Terbaru Bidang Otomotif 2020
5 Perkembangan Teknologi di Bidang Pertanian
5 Perkembangan Teknologi di Bidang Kesehatan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *