Merger Bank Syariah BUMN; BRI Syariah, Mandiri Syariah, BNI Syariah

Merger Bank Syariah BUMN; BRI Syariah, Mandiri Syariah, BNI Syariah

Merger Bank Syariah BUMN – Tiga bank syariah di bawah BUMN ini akan digabung (merger) yakni PT Bank BNI Syariah, PT Bank Rakyat Indonesia Syariah, dan PT Bank Syariah Mandiri. Dari ketiga bank tersebut enggan untuk mengomentari hal ini.

Merger bank syariah sudah menjadi wacana yang dibenarkan langsung oleh Menteri BUMN, Erick Thohir sejak awal tahun 2020. Disebutkannya bank syariah hasil merger dengan skala yang lebih besar ini akan rampung awal tahun 2021.

Upaya menggabungkan bank syariah ini juga telah disambut baik pula oleh regulator, Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Meski demikian, belum ada informasi soal pengajuan izinnya secara resmi pada OJK.

Dalam sebuah pertemuan yang dilakukan tertutup, arahan dari Menteri BUMN Erick Thohir adalah untuk menghindari adanya PHK atau Pemutusan Hubungan Kerja. Ia mengatakan, PHK harus dihindari agar para pegawai bisa tetap berbakti dan bekerja keras membangun industri syariah tanah air.

Selain itu, merger juga dianggap menjadi solusi untuk mengatasi tingginya biaya operasional dan capital expenditure yang kerap dialami perbankan syariah. Dengan konsolidasi, biaya penggalangan DPK, biaya operasional dan biaya capex bisa ditekan.

Erick juga berharap menguatnya fungsi bank syariah akan mendekatkan tujuan ekonomi syariah Indonesia yang mengutamakan keadilan bagi semua umat. “Langkah ini menjadi panggilan untuk menegakkan ekonomi syariah dan memakmurkan masyarakat serta membuka kesempatan lebih luas dan berguna sebanyak-banyaknya bagi orang lain,” ucapnya.

0
6 Faktor Uban di Usia Muda Cara Download dan Install Zoom di Laptop

No Comments

No comments yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *