Cara Memasang Google Analytics di WordPress

Cara Memasang Google Analytics di WordPress

Penting hukumnya bagi kalian untuk memasang Google Analytics di Worpress kalian sebagai salah satu tool dari Google yang diperkenalkan untuk mengetahui pengunjung wordpress kalian. Dengan adanya Google Analytics kalian tinggal melihat saja hasil Analytics yang telah tersaji di Dashboard Google Analytics. Untuk itu terus baca Cara Memasang Google Analytics di WordPress sampai selesai.

Tool ini merupakan salah satu yang disarankan oleh Google untuk melihat dan menganalisis pengunjung wordpress kalian. Dan sangat berguna buat kalian yang ingin mendaptkan trakfik lebih banyak lagi ke wordpress kalian.

Apa Fungsi Google Analytics

Seperti yang telah disinggung sedikit di atas, Google Analytics merupakan tool besutan Google yang mempuanyi fungsi atau kegunaan dasar untuk menganalisa setiap trafik yang masuk ke wordpress kalian. Jadi kalian bisa mengetahui gambaran mengenai pengunjung wordpress kalian. Google Analytics dapat mengetahui sumber pengunjung, perangkat yang digunakan, lokasi, dan lama waktu kunjungan.

Dengan adanya Google Analytics yang sangat membantu ini kalian diharapkan dapat lebih mengenal pengunjung situs kalian di wordpress. Sehingga nantinya kalian dapat merencanakan dan membuat konten yang lebih baik lagi, jadi pengunjung yang membaca wordpress kalian akan tetap betah di situs kalian.

Berikut adalah Cara Memasang Google Analytics di WordPress tapi sebelum kalian memulai pastikan kalian telah mendaftar Google Analytics, jika hal itu sudah dilakukan barulah kalian bisa menambahkan Google Analytics di WordPress kalian.

Cara Daftar Google Analytics

  • Masuk ke laman Google Analytics
  • Kemudian klik “Sign Up Free”
  • Masukan Nama Account (wajib)
Cara daftar Google Analytics
  • Kemudian Scroll ke bawah dan pilih “Next” dan klik “Next” di bawah
  • Kemudian kalian pilih “Web”
Cara daftar Google Analytics
  • Setelah “Next” kalian harus mengisi Nama situs dan URL situs kalian
Cara daftar Google Analytics
  • Klik “Create” dan akan muncul TOS dari Google kalian centang saja
TOS Google Analytics

Tidak terlalu susah untuk mendaftar Google Analytics, kalian hanya perlu mengisi yang di perlukan. Nah kelanjutan setelah kalian mendaftar Google Analytics selanjutnya kalian akan disodorkan laman Google Analytics seperti berikut ini. Kalian hanya perlu copy code Site Tag sebagai ID Tracking untuk situs kalian.

Cara Memasang Google Analytics

Baca juga : Cara membuat Podcast di Spotify

Cara memasang Google Analytics di WordPress

Untuk memang Google Analytics Site Tag atau ID Tracking kalian buka laman admin wordpress kalian terlebih dahulu

  • Untuk lebih mudah dalam meletakkan kode Google Analytics Site Tag di wordpress kalian, lebih baik kalian meng-install terlebih dahulu Plugin “Insert Headers and Footers” di wordpress kalian
Cara memasang Google Analytics di WordPress
  • Setelah kalian install dan Activate
  • Di Sidebar wordpress pilih “Setting” – > “Insert Headers and Footers”
Cara memasang Google Analytics di WordPress
  • Lalu kalian Paste kode Google Analytics Site Tag di bagian Headers
Cara memasang Google Analytics di WordPress
  • Setelah itu Save dan tunggu 48 Jam untuk Google Analytics dapat mengenali dan memberikan hasil analisanya.

Cara membaca Google Analytics

Ketika 48 jam sudah kalian tunggu, mulailah Google Analytics menghimpun data situs kalian dan memberikan data realtime pada saat itu juga. Banyaknya laporan yang diberikan oleh Google Analytics membuat kita jadi bingung di awal melihatnya.

Tapi tenang aja, ketika kalian telah paham dengan hasil yang disodorkan oleh Google Analytics kalian akan lebih dekat dengan penggemar (red: pengunjung) situs kalian. Emang sebanyak itu ya laporan dari Google Analytics? Iyaa, sangat banyak laporan yang bisa kalian dapatkan dan kalian telusuri hasil Google Analytics ini.

Berikut ini saya kasih jabarkan sedikit cara membaca Google Analytics :

Cara membaca Google Analytics

Di laman utama kalian akan ditampilkan laman seperti di atas

  • User : Jumlah user yang mengunjungi situs kalian dari rentang waktu yang bisa kalian atur sendiri
  • Bounce Rate :  adalah representasi berapa persen pengunjung yang masuk ke situs kalian kemudian keluar situs tanpa membaca isi konten kalian.
  • Sessions : adalah jumlah kunjungan pengunjung ke laman di situs kita. Misal. Ada pengunjung X hanya berkunjung ke satu laman, berarti session cuma satu. Trus ada pengunjung Y yang berkunjung kemudian dia membaca konten kita dan keluar, 30 menit kemudian di masuk ke situs kita dengan laman yang berbeda maka session kita 2 (dua).
  • Session duration : adalah lama pengunjung mengunjungi situs kita per session.
  • Active user right now : adalah data real time pengunjung yang sedang mengunjungi situs kita pada saat itu juga.
  • Top Active Pages : adalah laman situs kita yang sedang di kunjungi oleh pengunjung pada saat itu juga.

Dan masih banyak lagi cara membaca Google Analytics, nantikan postingan cara membaca Google Analytics kita yaa. Semoga artikel Google Analytics ini membantu kalian dalam menerapkannya di WordPress.

0
Apa itu Google Play Pass ? Harga dan Caranya Cara Mudah Membuat Podcast di Spotify

No Comments

No comments yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *