6 Faktor Uban di Usia Muda

6 Faktor Uban di Usia Muda

Bukansitus – Faktor rambut uban atau berwarna abu-abu, tidak hanya pada lansia, rambut abu-abu juga dapat terjadi pada usia muda. Rambut uban adalah suatu kondisi ketika folikel rambut menghasilkan lebih sedikit pigmen melanin atau donor warna alami. Itulah yang akhirnya rambut putih.

Meskipun umum pada orang tua, penurunan tergantung pada folikel rambut juga dapat terjadi pada usia muda. Bukan remaja atau orang dewasa yang telah menemukan untaian rambut putih di kepalanya.

Berikut adalah beberapa faktor yang memicu rambut putih pada usia muda.

  • Genetik
    Faktor genetik mempengaruhi banyak hal dalam tubuh kita, termasuk subjek penuaan. Atas dasar penelitian ini oleh University College London, Inggris, pada 2016, rambut abu-abu tidak hanya dipengaruhi oleh lingkungan, tetapi juga oleh faktor genetik.

Penelitian ini menganalisis lebih dari 6.000 orang dengan keturunan yang beragam di seluruh Amerika Latin untuk mengidentifikasi gen baru yang terkait dengan rambut, rambut abu-abu dan kepadatan rambut.

Yang harus diketahui tentang faktor rambut abu-abu

  • Kondisi kesehatan tertentu
    Beberapa kondisi kesehatan dapat menjadi penyebab rambut putih, salah satunya adalah penyakit autoemunn yang menyerang kulit. Penyakit ini disebut alopecia areata.

Orang dengan penyakit ini akan memiliki bintik-bintik kecil pada kulit kepala dan rambut rontok hidup.

“Saat menumbuhkan bagian belakang, yang menumbuhkan rambut putih,” kata seorang dokter kulit di Universitas New York, Doris Day.

  • Polusi udara
    Polusi udara juga bisa menjadi salah satu pemicu penampilan rambut abu-abu pada usia muda. Radikal bebas yang diproduksi oleh polusi udara dapat berdampak buruk pada tubuh.

Satu dampak adalah merusak produksi melanin dan mempercepat rambut penuaan, menghasilkan pertumbuhan rambut putih.

  • Terlalu banyak stres
    Stres yang berlebihan dapat mempercepat proses penuaan, termasuk prematur. Sebuah studi yang dilakukan oleh University of New York pada 2013 juga membuktikan hubungan antara stres dan kelelahan folikel rambut pada tikus.
  • Asap rokok
    Paparan asap rokok tidak hanya dapat menyebabkan masalah pernapasan, tetapi juga memengaruhi warna rambut.

Sebuah studi yang diterbitkan oleh surat kabar online Dermatologi India pada 2013 menunjukkan bahwa perokok memiliki 2,5 kali lebih banyak peluang yang dikurangkan pada usia muda. Ini disebabkan oleh jumlah radikal bebas yang terkandung dalam asap rokok.

  • Perubahan hormonal
    Hormon juga disebut dapat memengaruhi rambut abu-abu pada usia muda. Karena, berkat hormon, rambut dapat berubah dari waktu ke waktu aspek tekstur, kepadatan, warna. “Proses ini mulai terlihat ketika kita berusia 30 tahun,” kata hari itu
0
Program Cek Bilangan Ganjil Genap Bahasa C++ Merger Bank Syariah BUMN; BRI Syariah, Mandiri Syariah, BNI Syariah

No Comments

No comments yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *